UA-37306058-1
Loading...
04 February, 2012

ASAL USUL LAGU CIK CIK PERIUK

ASAL USUL LAGU
CIK CIK PERIUK






Cik Cik Periuk , Lagu daerah asal Kabupaten Sambas , Kalimantan Barat, Ini merupakan lagu rakyat yang menceritakan tentang kehidupan sosial dimasa lampau warga Sambas.
Masih belum diketahui siapa nama orang yang menciptakan Syair dan nada nya , Tetapi kemungkinan besar yang menciptakannya diduga adalah Orang Melayu Tua atau keturunan asli Kalimantan Barat , Yang lebih dikenal dengan Suku Dayak
Mengapa demikian ?
Karena jika dilihat dari Langgam " Bermakna Alunan Musik Dan Gaya " , Lagu tersebut sangat mencerminkan aspek sosial penduduk asli daerah sekitar serta didukung dari nada yang masih sangat Pentatonik .
Latar belakang pembuatan lagu cik cik periuk sangat kaya akan nilai sejarah terhadap kehadiran bangsa pendatang di Sambas . Ungkap " Mul'am Husairi Walid " Yang Merupakan Budayawan Asal Kabupaten Sambas , Pada saat berbincang - bincang bersama " Ribut Ali Wibowo " Yang juga seniman dan tokoh pemuda asal Kalimantan Barat.

Lagu Cik Cik Periuk ini telah dikenal kira - kira satu abad lebih atau kisaran 150 Tahun yang lalu . Selain itu ada juga lagu - lagu daerah kabupaten sambas yang umurnya diperkirakan sama seperti hal nya lagu Alok Galing , Ruai , Mak Imbo , Wak Wak Ampek , Dan Kap Kap Undang .

Mengenai tahun berapa Lagu Cik - Cik Periuk disahkan untuk mewakili menjadi lagu Khas Kalimantan Barat masih tidak diketahui.


Cik Cik Periuk Belanga Sumbing Dari Jawe
Datang Ne' Kecapbuk Bawa Kepiting dua eko'

Cak Bur Belanga Indung Picak Gigi Rongak
Sape Kitawa Dolo' Dipancung Raje Tunggal
Sape Kitawa Dolo' Dipancung Raje Tunggal


Cak Bur Belanga Indung Picak Gigi Rongak
Sape Kitawa Dolo' Dipancung Raje Tunggal
Sape Kitawa Dolo' Dipancung Raje Tunggal


Aduh Kakak' , Aduh Kiki'
Tupai makan kandis kite
Anai - Anai Makan di Bawah
Ai Belatuk Goyang - Goyang




Klik DISINI
Untuk Mendengar Lagu Cik Cik Periuk




Sumber :
EQUATOR ONLINE


2 komentar:

  1. Ulasannya menarik, ternyata lagu ini udah lama juga ya.
    Asal mana sobat?

    ReplyDelete
  2. Yahh begitulah sobat , Terimakasih ya Rino Safrizal untuk kunjungannya ..
    Saya asal Kota Singkawang , Kalimantan Barat.

    ReplyDelete

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan Klik Disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di EQUATOR ONLINE
 
TOP